Sedang Browsing, and Guess What…


            Di depan PC yang ditemani oleh kipas angin ini aku masih sempatkan diri untuk surfing di internet, mencari tahu (maaf bukan tempe) tentang beasiswa yang bisa aku dapat untuk melanjutkan kuliah nantinya tapi
dengan kemampuanku yang sangat minim dan pengetahuan atau wawasanku yang masih di bawah standar ini hehe, kedengeran seperti orang yang pesimis banget yah..
            Setelah beberapa website yang berhasil aku kunjungi bersama sinyal yang sedikit kurang mendukung alhasil aku temukan satu website milik seorang mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri, kalau tidak salah (yah benar) namanya Nazura Gulfira. Setelah membaca postingan-postingannya tentang kehidupan yang dia jalani di Rotterdam sana aku merasa sangat kagum dengannya, seorang wanita yang hidup jauh dari keluarga yang dikelilingi oleh orang-orang asing baginya.
            Di akhir postingannya, aku membaca sebuah kalimat yang cukup sederhana tapi mampu membuat aku merenung panjang, kira-kira bunyinya seperti ini : “Everyone you meet is fighting a battle you know nothing about, so always be kind”, dan kukira itu benar! Benar sekali malah… itu pendapatku, sebagai manusia aku berpendapat itu memang betul-betul benar!!! Dan, saat itu juga aku sadar bahwa aku memang terlalu mudah untuk menilai orang lain tanpa melihat sisi yang berbeda dari orang tersebut. Setiap orang memiliki cerita hidupnya masing-masing, kita tidak tahu semuanya melainkan hanya sedikit, yang tahu semua tentang diri setiap orang itu adalah orang itu sendiri dan yang menciptakannya.
            Cukup aku bercerita tentang orang lain, ayo kembali lagi soal beasiswa! Menurutku, untuk mendapat beasiswa itu tidaklah gampang apalagi untuk seorang siswa SMA yang mempunyai wawasan di bawah standar sepertiku, apa aku terdengar begitu merendahkan diri dan pesimis yah? Hehe, kukira begitu. Salah satu beasiswa yang menarik perhatianku adalah beasiswa Jardine Foundation, Jardine adalah sebuah perusahaan multinasional yang memberikan beasiswa untuk pelajar di Cambridge dan Oxford University yang berasal dari negara di mana Jardine beroperasi, seperti Singapura, Hongkong, Malaysia dan Indonesia. Beasiswa diberikan kepada pelajar di bawah 25 tahun. Tapi keinginanku untuk mendapat beasiswa ini sepertinya hanya sekadar “keinginan” saja, jangankan beasiswa ke luar negeri, beasiswa ke luar propinsi saja belum tentu bisa aku dapatkan (dari tadi rasanya aku beranggapan semuanya kelihatan tidak mungkin, oke!!! Be positive, keep trying, and praying).
            Baiklah! Mungkin keinginanku untuk kuliah di luar negeri itu harus aku simpan dulu (semoga tak lupa di mana aku menyimpannya), yang harus aku fokuskan saat ini adalah beasiswa untuk masuk di salah satu universitas di propinsiku dulu, dan aku mengira aku masih punya harapan untuk masuk ke dalam universitas itu. Soal wawasanku yang masih standar, yah kan masih bisa untuk ditingkatkan, kalo belajar mah gak ada habisnya. Tentang kepintaran, ada kok ilmuwan yang dulunya dilihat tidak pintar tapi pada akhirnya dianggap manusia yang pintar. Semuanya tergantung pada diri kita sendiri, mau usaha yah lakukan! Mau berdiam diri yah ketinggalan!
            Soal beasiswa itu bisa aku kejar dengan belajar yang rajin (itu pesan bapak ke aku), aku juga tidak mahu dianggap sebagai anak yang gagal untuk membalas jasa orang tuaku (walaupun bapak dan mama tak pernah meminta balasan sih), setidaknya minimal aku bisa membuat mereka tersenyum gembira dengan apa yang aku dapatkan nantinya, dan salah satu alasan dan semangat yang membuatku terus berusaha dalam hidup yah “Raja (bapak)” dan “Ratuku (mama)”…

Tunggu anakmu ini mengukir senyum di bibir kalian yah suatu hari nanti, (kuharap mereka tidak membaca postingan ini, nantinya tahu kalo anaknya kagak pinter-pinter amat).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Saat Ini

Tanya

Poem for My Dad